KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Senin, 01 Agustus 2011

Bersegeralah!

Bersegera dalam melakukan suatu pekerjaan ataupun amal kebaikan itu lebih baik dibandingkan jika kita menunda pekerjaan itu. Seperti yang sama-sama kita ketahui mungkin sifat suka menunda sebuah pekerjaan melekat pada beberapa orang. Mungkin karena sudah terlatih sejak kecil maka sifat menunda dan tidak menyegerakan sebuah pekerjaan itu terbawa hingga dewasa dan tua. Padahal manusia sendiri sudah mengetahui bahwa dengan tertundanya sebuah pekerjaan maka merugikan dirinya sendiri. Allah telah berfirman :
“Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al Imran : 114)

Allah menjelaskan bahwa, orang yang mensegerakan untuk berbuat kebaikan maka orang itu termasuk dalam orang yang shaleh di sisi Allah Swt. Diposisikan ditempat yang istimewa.  Siapa yang tidak mau mendapatkan posisi manusia shaleh, bahkan setiap orang tua mendoakan anaknya agar menjadi generasi rabbani yang shaleh dan shalehah.


Banyak sekali amal perbuatan baik yang bisa kita lakukan didunia, bahkan untuk para penuntut ilmu menyegerakan mencari ilmu atau mengerjakan tugas keilmuan juga termasuk amalan untuk mereka. Para pekerja di kantor melaksanakan amanah dari atas juga termasuk amalan mereka. Banyak sekali ternyata amal yang mungkin tidak kita sadari, dan secara sengaja kita sudah menundanya. Ada beberapa perbuatan yang harus kita bersegera dalam melaksanakannya, sebenarnya ada banyak, tetapi kita lihat beberapanya saja. Antara lain :

1. Bersegeralah Bertaubat
Tidak ada manusia di dunia ini yang luput dari kesalahan sekecil apapun. Tidak perlu kita survey apakah ada orang tidak berdosa, kecuali dia bayi yang baru lahir. Maka untuk menghapus dosa itu dengan bertaubat kepada Allah, mengakui segala kesalahan yang telah diperbuatnya. Syarat untuk taubatan nasuha diantaranya mengakui kesalahannya, bertekad untuk tidak mengulanginya, dan melupakan kesalahan karena itu adalah aib yang tidak perlu diketahui banyak orang. Bersegeralah untuk bertaubat selama hayat masih dikandung badan. Jangan menunda taubat, karena Allah mengampuni dosa kita.

2. Bersegeralah Shalat
Ketika adzan berkumandang, jangan menganggap itu hanya sebagai tanda untuk shalat tapi itu adalah panggilan bahwa kita harus menyegerakan shalat kita. Jangan jadi orang yang selalu menunda shalat hingga akhir waktu, bahkan terkadang sampai lewat waktu kita beralasan lupa atau mungkin sengaja melupakan shalat itu. Naudzubillah. Segera laksanakan shalat, jangan menjadi orang yang menunda shalat karena itu termasuk pekerjaan orang yang lalai dalam beribadah.

3. Bersegeralah melunasi Hutang
Kadang manusia terlupa, bahwa dirinya memiliki hutang. Hutang itu harus dibayarkan kepada pemiliknya. Itu kewajiban setiap muslim, jika dia berhutang. Orang yang mati syahid pun, segala dosanya akan diampuni kecuali hutangnya. Maka begitu pentingnya dalam Islam bahwa hutang itu harus secepatnya dibayar, karena kembali kesifat manusia yang suka menunda dan lupa akan hutangnya terdahulu. Jika seseorang sudah meninggal dan masih meninggalkan hutang, maka menjadi kewajiban dan tanggung jawab para ahli waris untuk segera melunasi hutang yang dimiliki almarhum.

4. Bersegeralah Bersedekah
Orang yang gemar memberi, dia akan menyegerakan diri untuk bersedekah. Berlomba dalam kebaikan. Jika anda sudah meniatkan dalam hati untuk bersedekah, maka segera anda laksanakan dengan perbuatan. Karena keinginan yang sudah ada, tidak akan terealisasi jika tidak ada amalan yang nyata.

Dari empat poin diatas, maka kita diajak untuk bersegera menunaikan kewajiba serta tanggung jawab kita sebagai seorang muslim. Menyegerakan amalan baik dan selalu mempersiapkan amal terbaik kita, insya Allah itu menjadikan kita sebagai orang-orang yang selalu berlomba dalam kebaikan. Bahkan untuk cita-cita sebuah generasi rabbani yang selalu mengutamakan amal kebaikan, bisa terwujud jika memulai dengan hal kecil seperti yang sudah dijelaskan dengan singkat pada poin diatas.

Insya Allah bersegeralah melakukan sebuah amalan, dengan niat hanya untuk mencari ridha Allah Swt semata. Maka sebuah amalan kecil kita bisa menjadi ibadah yang bernilai sangat besar disisi Allah, bahkan mungkin sangat berarti dimata manusia. Mulai hari ini jangan menunda segala perbuatan baik kita, bersegeralah dalam bekerja, beramal, dan beribadah dimanapun kita berada.

Penulis : Rio AP, alamat blog penulis: paoir.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons