KONTAK SAYA

Email Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Pelayanan Portfolio Pembayaran

Rabu, 22 Juni 2011

Tanaman Bambu: Tanaman yang Multi Guna.

Tanaman Bambu
Bambu merupakan tumbuhan tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang berongga dan beruas-ruas, serta berakar serabut. banyak sekali jenisnya dan banyak juga memberikan manfaat pada manusia. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Akan tetapi, bambu memiliki ranting-ranting kecil yang tumbuh dari batang bambu. Batang bambu memiliki ranting bukan dahan. Ranting bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan dahan. Ranting tidak mengubah bentuk asli pohon itu. Artinya dengan tumbuhnya ranting pada pohon itu (bambu) bentuk asli pohon tidak berubah.

Apabila kita perhatikan bentuk pohon bambu, dari bawah sampai atas tetap lurus, tidak terbagi-bagi oleh ranting. Ranting pohon bambu dari bawah sampai atas tidak mengubah bentuk pohon. Walaupun banyak ranting, pohon bambu tidak bercabang dan tidak terbagi menjadi cabang-cabang dengan dahan-dahan yang besar. Bambu memiliki akar serabut, namun tidak dikelompokkan ke dalam tumbuhan berkeping satu (monokotil) sebab bambu tidak memiliki biji. Bambu berkembang biak dengan tunas dan setek batang.

Lopez dan Shanley (2004) menyebutkan bahwa bambu termasuk keluarga rumput-rumputan dan merupakan tumbuhan paling besar di dunia dalam keluarga ini.   Ada   lebih dari 1200 spesies bambu dan kebanyakan terdapat di Asia. Tumbuhan yang indah ini, dengan kekuatan dan kelenturannya, memiliki manfaat yang tidak terbatas.

Bambu telah menjadi bagian alami dari kehidupan, mulai dari lahir hingga mati. Di Cina dan Jepang, pisau bambu digunakan untuk memotong tali pusar bayi pada saat dilahirkan, dan jenazah orang yang meninggal diletakkan diatas alas yang terbuat dari bambu. Tumbuhan ini sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat sehari-hari (Lopez & Shanley 2004).

Asal Usul Bambu
Tanaman bambu banyak ditemukan di daerah tropik di Benua Asia, Afrika, dan Amerika. Namun, beberapa spesies ditemukan pula di Australia. Benua Asia merupakan daerah penyebaran bambu terbesar. Penyebarannya meliputi wilayah Indoburma, India, Cina, dan Jepang. Daerah Indoburma dianggap sebagai daerah asal tanaman ini. Selain di daerah tropik, bambu juga menyebar ke daerah subtropik dan daerah beriklim sedang di dataran rendah sampai di dataran tinggi (Berlian & Rahayu, 1995).


Di daerah hujan tropis, bambu tumbuh dalam kelompok. Ketika terjadi gangguan hutan alam, misalnya karena logging. Bambu semakin tersebar, misalnya jenis Phyllostachys ditemukan hampir di seluruh daerah Cina, Jepang, dan Taiwan. Budidaya bambu dilakukan di Indonesia, India, dan Bangladesh.


Manfaat Bambu 
Bambu termasuk dalam ordo Poales; family Poaceae; upa family Bambusoideae; superbangsa bambusodae; bangsa Bambuseae Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat . Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Dalam bahasa Makassar, bambu disebut Bulo. Leluhur kita sudah sejak lama memanfaatkan bambu ini sebagai bahan bangunan mereka. Dalam istilah klasik suku makassar, bahkan bambu sudah lama dikenal. Terbukti dengan prinsip mereka diambil dari kata bambu yakni Abbulo sibatang (arti harpiahnya: berbatang bambu; dan maknanya adalah persatuan)

Bambu merupakan sumber bahan bangunan yang dapat diperbaharui dan banyak tersedia di Indonesia. Dari sekitar 1.250 jenis bambu di dunia, 140 jenis atau 11% nya adalah spesies asli Indonesia. Orang Indonesia sudah lama memanfaatkan bambu untuk bangunan rumah, perabotan, alat pertanian, kerajinan, alat musik, dan makanan. Namun, bambu belum menjadi prioritas pengembangan dan masih dilihat sebagai "bahan milik kaum miskin yang cepat rusak".

Produk Bambu Online hadir untuk mengangkat citra bambu dengan menghasilkan produk atau barang-barang yang berkwalitas. Bambu yang dipanen dengan benar dan diawetkan merupakan bahan yang kuat, fleksibel, dan murah, yang dapat dijadikan bahan alternatif pengganti kayu yang kian langka dan mahal.

Pemanfaatan bambu harus didukung oleh upaya reboisasi dan pengelolaan yang ramah lingkungan. Bambu menghasilkan biomassa tujuh kali lipat dibanding hutan pepohonan. Selain itu rumpun bambu berperan dalam mencegah erosi karena dapat memperkuat ikatan partikel dan menahan pengikisan tanah.

Karenanya, pemanfaatan bambu harus diintegrasikan dengan upaya pelestarian agar bambu tetap tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik. Dengan pengelolaan bambu yang meliputi pembudidayaan, pengelolaan rumpun, dan pengembangan produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Jenis-Jenis Bambu 
Dari sekitar 75 genus terdiri dari 1.500 spesies bambu di seluruh dunia, 10 genus atau 125 jenis diantaranya terdapat di Indonesia. Berdasarkan system percabangan rimpang, genus tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian. Pertama, genus yang berakar rimpang dan tumbuh secara simpodial, termasuk didalamnya genus Bambusa, Dendrocalamus, Gigantochloa, dan Schizostachyum. Kedua, genus berakar rimpang dan tumbuh secara monopodial (horizontal) dan bercabang secara lateral sehingga   menghasilkan rumpun tersebar,  diantaranya genus Arundinaria (Duryatmo, 2000).

Sedangkan menurut Berlian dan Rahayu (1995) di Indonesia terdapat lebih kurang 125 jenis bambu. Ada yang masih tumbuh liar dan masih belum jelas kegunaannya. Beberapa jenis bambu tertentu mempunyai manfaat atau nilai ekonomis yang tinggi seperti: Bambu andong, bambu atter, bambu tali, bambu talang, bambu tutul, bambu cendani, bambu cengkoreh, dll.

 
Referensi

11 komentar:

Anonim mengatakan...

apakah bambu berkembang biak melalui batang?
tolong jawab secepatnya makasih :)

Admin mengatakan...

@Anonim

bambu tidak memiliki biji. Bambu berkembang biak dengan tunas dan setek batang.

siti mengatakan...

mengapa pohon bambu ruasnya bolong bolong dan apa manfaatnya

Admin mengatakan...

@siti
setiap ciptaan Allah pastilah ada manfaatnya. salah satu manfaatnya menurut saya adalah agar kita bisa menggunakan pohon bambu sebagai rakit., di banding kayu, bambu tergolong ringan disebabkan ruasnya yg beronga2.
atau ada yg bisa menambahinnya???

RBM CILACAP mengatakan...

informasi ini sangat berguna bagi kami untuk membuat film dokumenter tentang produk kerajinan bambu wulung. makasih ya...

Anonim mengatakan...

bambu itu bisa berbiji..... ga tau ya bijinya bambu

pradopo sukamto bambu mengatakan...

Salam bambu lestari,, bambu dapat berkembang , melalui rhizmomes, dengan bantuan manusia bisa dikembangkan ,melalui!!! stek batang,stek,ranting,bonggol,sekitar!rumpun[tunggul]di negara china bambu bisa berbunga dan bernas dan bijinya dapat di tumbuhkan [sedangkan di hutan indonesia,tropis,bambu berbunga seketika umurnya sudah melebihi 55,kecuali dari jenis shizhostachium brachicladum berbunga sepanjang tahun,bunganya hamfa,tidak dapat tumbuh,bambu yang sudah berbunga energi rumpun akan habis,bambu akan merebah, runtuh,dan rumpun akan mati semua, karena demikian untuk menjaga agar bambu tetap lestari perlu di kembang biakan melaui stek ranting stek batang dan bonggol,sebelum manusia terlibat memanfaatkan bambu,rumpun bambu berbiak melalui ranting ,di saat bambu di pinggir rumpun rubuh,oleh tiupan angin,dan menyentuh tanah,dalam kondisi lembab,ranting yang masih menempel atas .di batang mengeluarkan tunas dan akar hingga terbentuk rumpun baru,hingga menjadi hutan bambu, dan sampai saat ini proses alam jarang terjadi karena manusia banyak terlibat di dalamnya, yoo belajar nanam bambu

IzMha MajiD mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
IzMha MajiD mengatakan...

@Siti: salah 1 mnfaat mgapa batang bambu berongga adalah sbagai tmpat menyimpan cadangan air.
Jdi kalau kita nyasar di hutan dn kehausan bisa potong batang bambu utk di ambil airnya. Hehe thanks.

@Admin: makasih infonya :-)

kamila ratna mengatakan...

Bambu memang selalu beronga..ada berongga besar dan ada rongganya kecil tergantung jenis bambunya, dari jenis schizhostachium_biasanya berongga dan daging bambunya tipis seperti dari jenis bambu lemang atau buluh_jenis bambu betung rongganya besar sehingga lebih banyak menampung air pada saat musim hujan_air di dalam bambu banyak mengandung hasiat obat_sifat bambu berongga kalau di jadikan matrial rumah_dapat beradaptasi dengan suhu sekitar karena rongga bambu dapat menyimpan suhu. Udara pada malam hari akan terasa hangat karena udara pada siang hari terseraf di rongga bambu dan keluar perlahan saat malam.demikian sebalik nya pada saat siang hari. Maaf pendapat tsb berdasarkan pengalaman dan penelitian saya pribadi ,belakangan serat bambu di olah menjadi pengganti serat katun di jadikan bahan kebutuhan sandang seperti sepatu,dan berbagai pakaian ,

Budy Supriyono mengatakan...

Bambu banyak sekali kegunaanya, mulai dari kebutuhan bangunan, kerajinan anyaman, kerajinan kursi, dan masih banyak lagi produk-produk industri yang memanfaatkan bambu.

Kunjungi juga kami di: sengon solomon jaguar F1
Tentang: jual bibit sengon solomon jaguar siap tanam.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons